Cara Menentukan Berita Hoax (palsu) dan yang Beneran (Asli)

Cara Menentukan Berita Hoax (palsu) dan yang Beneran (Asli)
Berikut ini cara menentukan mana berita hoax (palsu) dan mana berita yang beneran (asli).

Pertama, Cek URL Situs.

Cek alamat atau url situs yang menjadi sumber. Jika tidak ada sumbernya, hampir pasti itu sebuah hoax.

Situs berita resmi dan terpercaya tidak akan menggunakan layanan blog gratisan. Nama situsnya juga harus diperhatikan. 

Tidak sedikit berita hoax yang beredar menggunakan situs yang namanya mirip dengan nama media yang kredibel. Karena itu jangan mudah terkecoh dan cuma membaca judul artikelnya saja.

Berita-berita hoax yang beredar di internet biasanya cenderung bernada provokatif atau kontroversial, tujuannya memang untuk menggiring pandangan bahkan memancing emosi pembacanya.

Kedua, Cross Check

Jangan malas melakukan cross check tentang kebenaran dari sebuah informasi beredar di media sosial. Kalau perlu lakukan riset kecil-kecilan ke berbagai situs lain yang kredibel. 

Berita-berita hoax yang beredar di internet biasanya cenderung bernada provokatif atau kontroversial, tujuannya memang untuk menggiring pandangan bahkan memancing emosi pembacanya. Jika Anda bijak, Anda tentu tidak akan mudah terpancing isi berita tersebut.

Ketiga, Gunakan Logika

kalau masih belum yakin tentang kebenaran dari sebuah artikel, cobalah gunakan logika atau akal sehat. Tanyakan pada diri sendiri apakah informasi tersebut bermanfaat jika disebar atau justru dapat merugikan orang atau kaum lain dan memecah belah persatuan. 

Saat ini ada banyak sekali berita yang sengaja dibuat agar menjadi viral di internet atau media sosial, tujuannya semata-mata hanya karena uang. 

Pelaku sengaja membuat berita hoax dengan judul yang bombastis agar situsnya dikunjungi banyak orang dan ia mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di situsnya. (Inet Detik)

Cara Lain

Hoax sering muncul dalam bentuk foto. Para buzzer calon tertentu di Pilkada DKI 2017 misalnya sering mengedit foto untuk tujuan kampanye dan pencitraan. Misalnya, foto kejadian di Amerika atau belahan dunia lain, diedit sedemikian rupa, menjadi seakan-akan itu foto pendukungnya.

Jika hoax berupa foto, kita bisa mengeceknya di Google Image, dengan cara:
  1. Buka Google Image
  2. Klik icon Kamera di bagian kotak pencarian
  3. Copas link gambarnya atau upload gambar yang akan dicek
  4. Klik foto yang muncul paling atas.
  5. Google akan menampilkan gambar asli dari berbagai situs terpercaya.

Cara Menentukan Berita Hoax (palsu) dan yang Beneran (Asli)

Cara Menentukan Berita Hoax (palsu) dan yang Beneran (Asli)

Previous Post Next Post