10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bergaji Tinggi dan Paling Dibutuhkan

10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bergaji Tinggi dan Paling Dibutuhkan

INILAH 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bergaji Tinggi. Jurusan favorit dan bernilai tinggi ini bisa menjadi acuan bagi Anda yang binging memilih jurusan kuliah, selepas lulus SMA.



Di bagian kedua adalah daftar jurusan yang lulusannya Paling Dibutuhkan atau paling dicari perusahaan atau instansi.

Memang sih, usai lulus kuliah, profesi tak mesti sesuai dengan jurusan kuliah. Bisa saja lulusan ekonomi malah jadi wartawan, atau sebaliknya, lulusan komunikasi malah jadi pegawai bank.

Yang penting, kuliah yang baik ya. Ikuti semua arahan dosen. Kalau dosennya kebangetan dalam ngasih tugas, atau kebangetan dalam hal lain, demo aja! He he...

Daftar 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bergaji Tinggi

Berikut ini 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bergaji Tinggi.

1. Teknik Pertambangan

Sarjana teknik pertambangan biasanya menjadi orang lapangan. Tugasnya mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi, mulai dari berlian hingga minyak bumi. Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

Prospek kerja lulusan jurusan teknik pertambangan: Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara, PT Freeport, PT Antam, PT Timah Tbk.

2. Teknik Material dan Metalurgi

Jurusan teknik material dan metalurgi berkaitan erat dengan pertambangan, namun lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka.

Prospek kerja: Schlumberger, Geothermal PLN atau Pertamina, Badak LNG.

3. Teknik Perkapalan

Teknik Perkapalan merupakan jurusan arsitektur kapal. Di jurusan ini mahasiswa menimba ilmu perencanaan pembangunan sebuah kapal, mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.

Prospek kerja lukusan teknik perkapalan: Industri maritim atau gas & minyak, Badan klasifikasi Nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo atau Surveyor Indonesia.

4. Teknik Nuklir

Di dunia kerja, teknik nuklir diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.

Prospek kerja: BATAN, Radiologi di RS, nuclear power plant.

5. Teknik Informatika

Informatika adalah ilmu yang mempelajar perangkat, baik sistem maupun alat, yang dapat menyebarkan informasi. Mahasiswa mempelajari bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi canggih, ini bisa jadi pilihan tepat.

Prospek kerja: Menjadi programmer hingga intelligent di hampir di semua industri, terutama industri telekomunikasi.

6. Farmasi

Disebut juga ilmu pengobatan. Peran ilmu farmasi sebagai pendamping Ilmu Kedokteran. Konsentrasi ilmu farmasi ada pada semua cakupan farmasi, tak hanya obat-obatan penyembuh sakit, tapi juga di kosmetika.

Prospek kerja: RS, Industri obat-obatan (Kalbe Farma, Bayer), Industri Kosmetik (Mustika Ratu, Wardah).

7. Bisnis dan Ekonomi

Jurusan ini bisa disebut jurusan wirausahawan (entrepreneur). Mahasiswa jurusan ini mempelajari berbagai keterampilan bisnis, mulai dari administrasi hingga kewirausahaan.

Prospek kerja: wirausaha dan semua industri pekerjaan membutuhkan seorang ahli ekonomi.

8. Komunikasi

Jurusan Komunikasi menjadi jurusan favorit seiring dengan perkembangan pesat dunia media. Di jurusan komunikasi adan konsentrasi jurusan broadcasting, jurnalistik, public relations, dan advertising.

Semua instansi dan perusahaan membutuhkan sarjana ilmu komunikasi untuk mengisi posisi humas atau bidang informasi, apalagi di era sekarang semua instansi/perusahaan memiliki media komunikasi, seperti website dan media sosial.

Prospek kerja: advertising agency, instansi, atau perusahaan multinational.

9. Kedokteran Hewan

Jadi seorang dokter hewan, berarti akan akrab dengan semua jenis binatang. Tidak hanya anjing dan kucing, tapi sampai kuda dan kura-kura. 

Selama menempuh pendidikan, mahasiswa jurusan kedokteran hewan akan mempelajari mengenai pencegahan, perawatan, dan pengobatan penyakit hewan.

Prospek kerja: Veterinarian, Kebun Binatang, Konservasi Hewan

10. Ilmu Statistika

Jurusan ini akrab dengan ilmu matematika. Di ilmu ini, matematika diaplikasikan untuk mengolah teknik dan metode kuantitatif yang tepat untuk melakukan analisis, penelitian, perkiraan dan perencanaan dalam bisnis, terutama industri.

Prospek kerja: Perbankan, instansi pemerintahan dan swasta seperti BPS dan LIPI.

Demikian 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bergaji Tinggi sebagaimana dikutip dari Tunaiku.

Daftar 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan

Daftar ini menurut studi dari National Association of Colleges and Employers (NACE), dikutip Cewek Banget dari Forbes. Inilah 7 jurusan yang lulusannya paling dicari tahun 2017.

1. Jurusan Keuangan

Prospek kerja di bidang keuangan memang lagi berada di puncaknya tahun 2017. Bahkan NACE mencatat ada 60,4% lulusan finance yang dicari dalam perusahaan-perusahaan.

2. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi mengurus laporan keuangan setiap harinya. Lulusan akuntansi dicari paling tidak ada 59,7%.

3. Jurusan Administrasi Bisnis

Kecerdasan sosial dan keterampilan bisnis bisa menjadi satu paket yang lengkap ketika kita memilih jurusan administrasi bisnis. Jurusan ini juga banyak dicari tahun ini seperti jurusan akuntansi.

4. Jurusan Teknik Mesin

Fakultas teknik punya banyak jurusan, salah satunya adalah teknik mesin. Ada 48.6% lulusan teknik mesin yang dicari.

5. Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah jurusan yang juga banyak dicari tahun 2017. Jurusan ini bisa dibilang gabungan dari jurusan ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. Fokusnya tetap pada pemrograman komputer yang ditujukan untuk bisnis perusahaan. Salah satu studinya yaitu Sistem Informasi Manajemen juga jadi penunjang jurusan ini.

6. Jurusan Manajemen

Menurut NACE, sebanyak 38,9% lulusan jurusan manajemen banyak dicari. Alasannya karena jurusan manajemen mempunyai prospek kerja yang luas. Kita tentunya akan mempelajari proses efektivitas dan efesiensi yang berlaku dalam bidang ekonomi. Nantinya konsentrasi kuliahnya juga akan lebih mendalam lagi seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Organisasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

7. Jurusan Bioteknologi

Jurusan bioteknologi akan mempelajari kandungan makanan yang harus sesuai standarnya lebih dalam,.

Selain 7 jurusan yang paling dicari tahun 2017 di atas, ada beberapa jurusan yang tetap menjadi favorit dan punya banyak peminatnya. Tentunya, juga menjadi pilihan buat kita yang lagi bingung mencari jurusan yang tepat. Misalnya tiga jurusan yang enggak pernah sepi peminat ini:

1. Jurusan Psikologi

Dilansir dari Value Colleges, pekerjaan Human Resources Development atau HRD menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. HRD adalah salah satu prospek kerja dari jurusan psikologi, sehingga bisa dikatakan bahwa jurusan ini masih banyak peminatnya. Selain menjadi HRD, ada banyak lingkup kerja lainnya untuk lulusan psikologi.

2. Jurusan Komunikasi

Jurusan komunikasi juga salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS), jurusan komunikasi masuk menjadi salah satu jurusan yang diminati tahun lalu dan paling mudah dalam mencari pekerjaan.

3. Jurusan Hukum

Jurusan hukum punya banyak bidang seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum ekonomi bisnis, dan hukum internasional. Banyaknya bidang hukum yang bisa ditelaah bikin jurusan ini masih menjadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Prospek kerjanya juga banyak dan pasti dibutuhkan oleh perusahaan.

Demikian 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bergaji Tinggi & Paling Dibutuhkan. Jurusan favorit Anda tidak masuk daftar? Masa' sih?

9 Comments

  1. Jangan asal menuduh harus ada buktinya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weehhh ada yang ngamuk... silakan cek link sumbernya Jeng.... itu ada sumbernya, jadi bukan hoax dong...!

      Delete
  2. Jangan percaya sama berita hoax...

    ReplyDelete
  3. Teknik sipil arusnya masuk list.....

    ReplyDelete
Previous Post Next Post