Pengertian & Daftar Marquee Player Liga 1 Indonesia 2017

Essien Marquee Player Persib Liga 1 Indonesia 2017
Essien Marquee Player Persib Liga 1 Indonesia 2017
Pengertian dan Daftar Marquee Player Liga 1 Indonesia 2017. Pemain Bintang Kelas Dunia.

Marquee Player adalah istilah yang ditujukan kepada seorang pemain bintang kelas dunia yang memiliki kemampuan di atas rata-rata, digaji dengan gaji di atas rata-rata, dan biasanya dibiayai sponsor.

Secara bahasa (Inggris), Marquee Player artinya "pemain tempat berteduh atau penanda". Marquee sendiri berarti "papan penanda sebuah hotel atau bioskop yang bersinar terang di pinggir jalan".

Mungkin istilah marquee player berasal dari idiom itu. Ia diharapkan bisa membuat liga tempat mereka bermain semakin populer.

Menurut Wikipediamarquee player adalah seorang atlet yang dianggap sangat populer, terampil, atau luar biasa, terutama di olahraga profesional.

A marquee player is an athlete who is considered exceptionally popular, skilled, or otherwise outstanding, especially in professional sports.

Istilah marquee player di Indonesia pertama kali dikenal ketika muncul Liga Primer Indonesia (LPI) musim kompetisi 2011.

Klub LPI yang mendatangkan marquee player saat itu adalah Bandung FC, yakni mantan pemain klub Liga Inggris Aston Villa, Lee Hendrie.

Musim 2017 istilah marquee player kian populer. Menurut PSSI dalam Regulasi Liga 1, pemain yang berstatus marquee player adalah pemain yang pernah bermain di Piala Dunia selama tiga putaran terakhir  (2006, 2010, 2014) atau liga top dunia, serta berumur di bawah 35 tahun.

Yang dimaksud liga top dunia adalah Liga Eropa yang meliputi: Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Liga Serie A Italia, Eredivisie Belanda, Ligue 1 Prancis, Süper Lig Turki, dan Primeira Liga Portugal.


Marquee player disebut juga designated player. Kehadirannya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan popularitas, juga pemasaran (sponsor).

Marquee player Liga 1 yang mendapatkan sorotan dunia adalah dua pemain bintang yang direkrut Persib Bandung --Michael Essien dan Carlton Cole. Keduanya eks pemain Chelsea.

Satu bintang lain adalah marquee player Madura United,  Peter Odemwingie, yang pernah membela West Bromwich Albion.

Selain ketiganya, masih ada lima marquee player lain, namun namanya tidak sepopuler Essien, Cole, dan Odemwengie.

Status marquee player di Liga 1 Indonesia rencananya akan diberi kekhususan, berupa statusnya yang di luar slot pemain asing. 

Dengan demikian, klub yang merekrut marquee player masih memiliki tiga slot untuk merekrut pemain asing lain untuk kebutuhan tim mereka.

Di luar Indonesia, marquee player terpopuler adalah saat David Beckham bermain di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Marquee player juga terjadi di liga-liga lainnya, seperti Liga Turki, China, dan India.

Mereka yang pernah jadi marquee player di Liga India adalah Alessandro Del Piero, Robert Pires, Adrian Mutu, Nicolas Anelka, David Trezeguet, dan Roberto Carlos.

Di Liga 1 Indonesia, pemain kelas dunia baru ada tiga nama -- Essien, Cole, dan Odemwingie. Yang paling menonjol adalah Essien karena pemain asal Ghana ini pernah bermain di klub elite dunia --Chelsea, AC Milan, dan Real Madrid.

Hingga menjelang bergulirnya Liga 1, Sabtu 15 April 2017, baru ada delapan marquee player di lima klub peserta Liga 1.

Daftar Marquee Player Liga 1 Indonesia 2017

  1. Michael Essien (Ghana/Persib)
  2. Carlton Cole ( Inggris/Persib)
  3. Peter Odemwingie (Nigeria/Madura United)
  4. Jose Manuel Barbose Alves Coelho (Portugal/Persela)
  5. Shane Smeltz (Selandia Baru/Pusamania Borneo FC)
  6. Wiljan Jan Pluim (Belanda/PSM Makassar)
  7. Steven Paulle (Perancis/PSM)
  8. Marc Anthony Klok (Belanda/PSM).
  9. Mohamed Sissoko (Mali/Mitra Kukar)
  10. Juan Pablo Pino (Kolombia/Arema FC)
  11. Anmar Almubaraki (Irak/Persiba Balikpapan)
  12. Bruno Da Silva Lopes (Brasil/Persija Jakarta)
  13. Didier Zokora (Pantai Gading/Semen Padang)
  14. Paulo Sergio Moreira Gonçalves (Portugal/Bhayangkara FC)
  15. Nick van der Velden (Belanda/Bali United).
  16. Douglas Packer (Brasil/Barito Putera)
  17. Elio Martins (Portugal/PS TNI)
  18. Tijani Belaid (Tunisia/Sriwijaya FC)
                                  Demikian Daftar Marquee Player Liga 1 Indonesia 2017, para pemain bintang kelas dunia yang diharapkan memberikan kontribusi positif bagi klub dan persepakbolaan nasional Indonesia.*

                                  Sumber: 

                                  Previous Post Next Post