News Index

Sports Index

Media Sosial Index

Thursday, June 15, 2017

Yahoo Resmi Dijual, Ganti Nama Menjadi Altaba

Yahoo Resmi Dijual, Ganti Nama Menjadi Altaba
Dijual, Yahoo akan berganti nama menjadi Altaba. Bagaimana dengan nasib pengguna email Yahoo?

Yahoo! resmi dijual. Pemegang saham Yahoo Inc setuju melepas bisnis intinya, Kamis (8/6/2017)  Lini bisnis internet Yahoo yang membawa masa keemasan sebagai pelopor internet sejak 1990-an, dijual kepada Verizon Communications Inc.

Kesepakatan tersebut dijadwalkan rampung pada 13 Juni 2017 dan diumumkan Juli 2017.

Setelah penjualan ini, Yahoo akan berganti nama menjadi Altaba. Ini merupakan perusahaan holding dengan portofolio utama di Alibaba Group Holding Ltd dan 35,5% saham di Yahoo Japan Corp.

Verizon --operator nomor satu di AS-- akan melebur bisnis mesin pencari Yahoo, email Yahoomail, dan Messenger ke dalam bisnis teknologinya, AOL.

Rebranding akan dilakukan setelah merger, menyandang nama Oath. Bisnis baru ini akan dipimpin CEO AOL, Tim Armstrong.

Dilansir Reuters, akuisisi dan merger Yahoo dan AOL akan mendorong rasionalisasi tenaga kerja di AOL dan Yahoo. 

Sekitar 2.000 pekerja mungkin akan di-PHK setelah akuisisi rampung. Pemecatan ini sekitar 15% dari jumlah tenaga kerja kedua perusahaan sekarang yang berkisar 14.000 orang.

Oath turut menaungi sejumlah brand lain seperti AOL, TechCrunch, dan Huffington Post.

“Rampungnya transaksi ini adalah langkah penting dalam menumbuhkan perusahaan media digital kami ke skala global,“ ujar President of Media and Telematics Verizon, Marni Walden, Rabu (14/6/2017).

Usai sebagian propertinya dibeli Verizon, yang tersisa dari Yahoo adalah aset berupa kepemilikan 15 persen di Alibaba Group Holding Ltd, 36 persen di Yahoo Japan Corp, uang tunai, sejumlah investasi minor, dan Excalibur IP yang memiliki paten.

Aset-aset Yahoo ini dinamai ulang sebagai Altaba Inc yang dipimpin oleh Thomas McInerney sebagai CEO. Bos Yahoo sebelumnya, Marissa Mayer, turun dari jabatan.

Yahoo kini memiliki pengguna sebanyak 1,3 miliar. Di bawah Verizon, angka itu diharapkan tumbuh menjadi 2 miliar pada 2020. 

NASIB EMAIL YAHOO!
Bagaimana dengan nasib pengguna email Yahoo? Akankan tetap dipertahankan? Dilansir laman LATimes, kolumnis teknologi Ethan Varian memperkirakan pihak Verizon akan tetap mempertahankan Yahoo Mail.

"Apakah kita akan tetap bisa mempertahankan alamat email Yahoo kita? Hampir pasti ya. Yahoo Mail adalah salah satu layanan Yahoo terpopuler dan sepertinya Verizon tidak akan mengecewakan penggunanya yang banyak,” tulis Ethan dalam kolomnya.

Ethan memperkirakan, selain Yahoo Mail, Verizon diprediksi juga akan mempertahankan layanan berbagai foto, Flickr. “Pengguna Flickr juga tak perlu khawatir akan nasib layanan ini,” ucapnya

"Foto Flickr Anda seharusnya aman saja. Hal terakhir yang diinginkan Verizon adalah membuat marah konsumen barunya dengan mengubah akses pada foto di sana,” timpal Ethan. (Kontan/Kompas).*

logoblog
Share This
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

No SPAM, Please....!