25 Pemain Asing di 11 Klub Liga 1 2017 Belum Punya KITAS

25 Pemain Asing di 11 Klub Liga 1 2017 Belum Punya KITAS
Sepakbola -- Bukan hanya dua pemain asing Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, yang belum punya Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS), tapi 23 pemain asing lainnya di 10 klub peserta Liga 1 2017 juga belum mengantongi izin, termasuk Madura United dan Arema FC.

Menurut Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), ada 25 pemain asing dari 11 klub Liga 1 2017 yang belum mengantongi KITAS sebagai salah satu syarat untuk bekerja di Indonesia.

BOPI mempermasalahkan sikap operator Liga 1 2017, PT Liga Indonesia Baru yang dianggap tidak menepati kesepakatan antara sebelum Liga 1 2017 bergulir pada 15 April 2017. 

Sekjen BOPI, Heru Nugroho, bahkan mengaku sudah memiliki data pemain asing di Liga 1 2017 yang belum memegang KITAS. 

"Dari data yang sudah masuk hingga kemarin, total ada 25 pemain yang memiliki masalah soal KITAS dari total 11 klub Liga 1. Mereka mengaku masih dalam proses pengurusan," jelasnya. 

"Persoalannya bagi kami adalah ketika kami mengeluarkan rekomendasi kami sudah sepakat bahwa pemain yang belum memiliki KITAS tidak boleh dimainkan sampai pengurusannya selesai," ujar Heru Nugroho di Kantor Kemenpora, Selasa (18/4/2017). 

Heru menolak untuk menyebutkan ke-25 nama pemain yang masih memiliki permasalahan dengan KITAS. 

Dikemukakan, mayoritas pemain yang bermasalah soal KITAS adalah pemain asing yang baru bermain di Indonesia pada musim ini. 

"Pemain yang sudah lama bermain di sini mereka sudah punya KITAS, tapi pemain-pemain yang baru belum memilikinya. PT Liga Indonesia Baru punya regulasi, salah satunya tertulis kewajiban soal KITAS yang harus dimiliki oleh pemain asing. Ini bukan hanya melanggar kesepakatan dengan BOPI, tapi mereka melanggar aturan yang mereka buat sendiri," ujarnya.

Dilansir bola.com, pemain asing yang belum merampungkan urusan KITAS adalah pemain asing dari Barito Putera, seperti Aaron Evans, Matias Cordoba, dan Thiago Cunha. 

Selain itu ada juga Joel Coelhho, Ivan Carlos, dan Mario Rosario dari Persela Lamongan. 

Pemain Madura United berstatus marquee player, Peter Odemwingie, serta Anmar Al Mubaraki (Persiba Balikpapan) dan Jad Nouredinne (Arema FC) juga disebut belum mengantongi KITAS.*

Previous Post Next Post