Alasan Suara Klakson Jarang Terdengar di Jalan Tol

Apakah dilarang? Suara Klakson Jarang Terdengar di Jalan Tol

Alasan Suara Klakson Jarang Terdengar di Jalan Tol

Klakson adalah alat atau terompet elektromagnetik yang membuat pendengarnya waspada. Umumnya, klakson digunakan pada kendaraan bermotor sebagai alat berkomunikasi sesama pengguna jalan.

Klakson dapat digunakan apabila diperlukan untuk keselamatan lalu lintas dan (hendak) melewati kendaraan bermotor lainnya.

Namun, di jalan tol, Anda pasti akan lebih jarang mendengar klakson. Alasan utamanya, pengemudi di jalan tol biasanya lebih tertib ketimbang saat berkendara di jalan umum. 

Pengemudi biasanya menggunakan klakson di tol hanya pada saat tertentu saja. Misalnya untuk mengingatkan pengemudi lain yang berpindah lajur tanpa sein dan lain sebagainya. 

Menurut Training Direction The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan, klakson merupakan alat komunikasi dengan kendaraan lain. 

"Biasanya digunakan bila ada persinggungan, meminta jalan, atau menginformasikan keadaan. Di jalan tol, mobil berjalan di jalurnya masing-masing. Sehingga tak heran jika lalu lintasnya lebih terartur,” kata Marcell kepada Kompas.com.

Marcell melanjutkan, di jalan tol pengemudi mobil tak akan berhadapan dengan sepeda motor, angkot yang berhenti sembarangan, hingga orang menyebrang, Kondisi ini yang membuat klakson jarang digunakan di jalan tol. 

“Selain itu, di jalan tol kecepatan semua kendaraan hampir sama dan bergerak ke arah yang sama. Sehingga persinggungan, infomasi keberadaan dan permintaan jalan kemungkinannya sedikit sekali,” katanya.

Di TikTok, ada video viral pengguna jalan tol membunyikan klakson tiap henda menyalip kendaraan lain. Netizen ramai-ramai mencibirnya sebagai pengemudi "SIM tembak".

Previous Post Next Post