Ikoy-ikoyan Adalah Giveaway di Media Sosial IG

Ikoy-ikoyan Adalah Giveaway di Media Sosial IG

CB Blogger
CB Blogger

Ikoy-ikoyan Adalah Giveaway di Media Sosial IG


Pengguna media sosal Instagram dihebohkan dengan permainan Ikoy-Ikoy, Ikoy Ijoy, atau Ikoy-ikoyan. Apa itu ikoy ikoyan?

Ikoy-ikoyan adalah semacam "permainan" yang memberikan hadiah (giveaway) yang terbilang fantastis. 

Secara harfiah kata Ikoy-ikoyan tidak memiliki arti dan tidak ditemukan pada KBBI. Ikoy-ikoyan merupakan berbagi, sedekah, atau giveaway di media sosial. Ini berbeda dengan tren berbagi "tangan kanan memberi tangan kiri selfie" atau donasi sambil bikin konten.

Ikoy-ikoyan merupakan permainan yang diperkenalkan oleh salah satu selebgram bernama Arief Muhammad. Namanya sering trending juga di Twitter.

Banyak pengguna IG, salah satunya dilakukan oleh selebgram dan artis, yang mengunggah insta story–nya dengan main Ikoy Ikoy.

Ikoy Ikoy: Berbagi

Dengan begitu, Ikoy Ikoy atau permainan Ikoy-ikoyan bermakna sebagai moment untuk saling berbagi kepada yang membutuhkan.

Pada 1 Juli 2021 lalu, Arief Muhammad mengunggah foto di akun Instagramnya dan memberikan caption yang memuat tentang permainan ikoy-ikoyan.

“Sampai skrg nggak berhenti-berhenti nih notif. Dari followers, dari temen2 pengusaha, temen2 artis, temen2 influencer, semuanyaaa jadi rame ditodong main ikoy-ikoyan! Dan uniknya jadi banyak yang ketrigger untuk berbagi juga. Seneng banget liatnya,” katanya.

Arief Muhammad mengaku jika dirinya mendapatkan notifikasi dari para pengikutnya atau followers Instagram yang berisi ajakan dan keinginan untuk ikut bermain dalam permainan yang tengah populer tersebut.

Ia mengatakan bahwa dirinya banyak menerima pertanyaan dari sejumlah temannya terkait arti dari permainan Ikoy Ikoy atau Ikoy-ikoyan.

Arief menyebutkan bahwa dirinya mengartikan permainan Ikoy-ikoyan sebagai permainan untuk berbagai rezeki dan berbagai kebaikan bagi semua orang.

“Di whatsapp pun juga sama hebohnya. Banyak sekali yang bertanya tentang apa itu ikoy-ikoyan.. Jawaban gue simple aja: semuanya tentang berbagi. Bagi-bagi rejeki, bagi2 kebahagiaan untuk banyak orang,” ucapnya.

Dari beberapa akun selebgram lain, permainan Ikoy-ikoyan memiliki cara, yaitu jika seseorang merasa membutuhkan sesuatu seperti uang kuliah, biaya rumah sakit, dan hal-hal penting lainnya, orang itu cukup membalas Instagram story selebgram tersebut atau memberikan mention kepada selebgram tersebut.

Selebgram atau penyelenggara permainan memilih dan menyeleksi siapa yang membutuhkan dan beruntung mendapatkan rezeki berupa uang atau benda yang dibutuhkan.

Menurut Arief, uang atau barang yang diberikan oleh selebgram tersebut tidak hanya dari dirinya sendiri, tetapi ada pula yang berasal dari sejumlah donatur yang tidak ingin disebutkan identitasnya. (PR)

No comments:

Post a Comment