Anies Baswedan Tokoh Publik Paling Populer di Media Online

Anies Baswedan Tokoh Publik Paling Populer di Media Online

Anies Baswedan menjadi tokoh publik paling populer di media online dan media sosial, menurut hasil survei Drone Emprit --sebuah sistem yang berfungsi untuk memonitor serta menganalisa media sosial dan platform online.

Dikutip akun Twitter @tempodotco, Kamis (17/10/2022), Drone Emprit menggelar survei tentang popularitas tokoh publik di Indonesia atas pemberitaan dan perbincangan di media online dan media sosial.

Berdasarkan survei yang digelar 1-17 Oktober 2022, Anies Baswedan menjadi tokoh publik paling populer selama bulan Oktober ini.

Menurut Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi, 24 Oktober 2022, pemberitaan dan perbincangan tentang Anies setiap harinya jauh di atas para tokoh politik lainnya.

Di media online, Anies jauh lebih unggul dengan 30.305 mention. Di posisi kedua ada Ganjar Pranowo (15.128 mention) dan AHY (6.873 mention).

Sedangkan di media sosial, Anies (835.070 mention) juga menjadi yang paling banyak dibincangkan, disusul Ganjar (188.543 mention) dan Erick Thohir (118.460 mention).

Ismail mengatakan, ramainya pemberitaan dan perbincangan tentang Anies dikarenakan adanya dukungan dari NasDem dan akhir masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu sejak 17-23 Oktober, nama Anies masih tinggi diperbincangkan di media sosial dan menjadi tren meski tidak lagi menjadi pejabat publik. Rata-rata per harinya ada 49 ribu mentions.

Sentimen pemberitaan tentang Anies sepanjang Oktober 2022:
  • Di media online: 58% positif, 38% netral, dan 4% negatif.
  • Di media sosial: 74% positif, 7% netral, dan 19% negatif.
Peta perbincangan media sosial tentang Anies terbagi menjadi 2 klaster: yang pro dan yang kontra.

Salah satu kontra terhadap Anies, ketika normalisasi kali Ciliwung dan dibukanya kembali fasilitas pengaduan warga di balai kota yang dilanjutkan Heru membuat Anies dicibir.

Sedangkan pro Anies, cenderung mengglorifikasi pencapresan Anies; menggaungkan prestasi dan kinerjanya.*

Previous Post Next Post