Survei: Elektabilitas Nasdem Naik Usai Deklarasi Capres Anies Baswedan

Survei: Elektabilitas Nasdem Naik Usai Deklarasi Capres Anies Baswedan

Dua lembaga survei menyatakan elektabilitas Partai Nasdem naik usai deklarasi Capres Anies Baswedan untuk Pilpres 2024. Kedua lembaga survei itu adalah Charta Politika dan Median.

Charta Politika Indonesia menyebutkan, deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 oleh Partai Nasdem berhasil membuat elektabilitas partai besutan Surya Paloh itu naik cukup signifikan. 

Bahkan, lembaga itu mencatat, elektabilitas Partai NasDem saat ini merupakan yang tertinggi selama 2022.

"NasDem mengalami kenaikan dari 4,8 persen menjadi 6 persen, dari survei ini ada kecendurungan ini angka tertinggi selama tahun 2022. Bisa dispekulasikan ada momentum pengaruh dari deklarasi Partai NasDem terhadap Anies Baswedan," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, pada konferensi pers daring, Selasa (29/11/2022).

Hasil survei lembaga Median juga mencatat tren kenaikan elektabilitas Partai NasDem usai deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres untuk Pilpres 2024.

NasDem deklarasi mengusung Anies sebagai capres pada 3 Oktober 2022 lalu. Sementara survei Median digelar pada 9-17 November atau sekitar sebulan setelah deklarasi oleh NasDem.

Berdasarkan hasil surveinya, Median mencatat elektabilitas NasDem berada di angka 7,4 persen. Angka tersebut meningkat tajam dari hasil survei Median pada Maret 2022 yakni sebanyak 4,5 persen.

"NasDem naik dari 4,5 persen ke 7,5 persen. Ini naik cukup besar. Hampir dua kali lipat," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (29/11).

Rico menambahkan, upaya Anies yang kerap turun ke lapangan bersama kader NasDem belakangan ini turut mendongkrak elektabilitas parpol besutan Surya Paloh itu.

"Saya agak kurang sependapat bila NasDem alami kerugian elektoral. Ternyata tidak ya dari temuan ini," katanya. (CNN/Tempo)

Previous Post Next Post